Tips Mengatasi WiFi IndiHome Lambat – Semua orang tentu pernah mengalami yang namanya permasalahan jaringan, entah itu di kantor, rumah, maupun institusi pendidikan, tiada yang terlewatkan. Namun, ada salah satu internet service provider yang kebetulan terbukti identik sekali dengan permasalahan, yaitu Indihome. WiFi IndiHome bermasalah adalah makanan sehari-hari.

Sudah capek-capek kita membayar tepat waktu, namun layanan tetap ampas, kerap menjadi ungkapan kekesalan para konsumen ISP lokalan satu ini.

Baca juga: Hati-hati Charger Palsu! Ini 5 Tips Membedakan Charger Asli dan KW

Cara Mengatasi WiFi IndiHome Lambat

Terlebih dengan adanya gangguan internet, bahkan indikasi sabotase domain name service (DNS) baru-baru ini oleh Indihome. Tidak hanya produktivitas semata, namun aktivitas gaming, streaming, atau content creation menjadi terhambat berkat ISP plat merah ini.

Selain itu, cafe pun menjadi tempat yang kurang menarik bila layanan internet yang ditawarkan lambat dan penuh masalah.

Tak sedikit yang mencari cara untuk mengatasi WiFi IndiHome yang lambat dan bermasalah di internet, namun jawabannya tidak selalu memuaskan. Oleh karena itu, inilah cara mengatasi wifi atau internet dari Indihome yang kelewat lambat dan bermasalah versi kami.

Baca juga: 5 Cara Mematikan Antivirus Windows 10 Dijamin Gampang Banget!

Penyebab WiFi IndiHome Lambat

Meski terdengar remeh, semua permasalahan tentu memiliki asal muasal yang mengakibatkan rentetan kejadian tak mengenakkan ini. Sebenarnya ada banyak sekali faktor yang bisa membuat wifi atau internet kesayangan kita menjadi lambat dan bermasalah.

Mulai dari request time out, sampai benar-benar tidak bisa connect, terus menghantui konsumen ISP kesayangan ini. Tidak peduli seberapa cepat layanan yang kamu gunakan, takkan ada apa-apanya bila sudah mengalami problem, terlebih dari server.

Mengenali sebab wifi atau internet Indihome yang bermasalah memang gampang-gampang susah, terutama untuk orang yang awam dengan permasalahan seperti ini. Di bawah ini merupakan penyebab utama wifi atau internet bermasalah, terlepas dari internet service provider manapun.

1. Ketahui Kecepatan Paket Internetmu

Berdasarkan situs Indihome, mereka menawarkan berbagai macam paket yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan konsumennya. Mulai dari 10Mbps, 20Mbps, 30Mbps, sampai dengan 300Mbps, merupakan kecepatan yang ditawarkan Indihome untuk dapat dinikmati oleh konsumennya.

Satu hal yang patut kalian perhatikan adalah masing-masing kecepatan yang ditawarkan harus berbanding lurus dengan jumlah user yang memakai internet. Meski kita memang membayar iuran bulanan, namun mau tidak mau kamu harus mengetahui informasi penting ini.

Indihome sendiri sudah memampang informasi terkait berapa user yang dapat menikmati layanan internet mereka, tentunya semua sesuai dengan paket internetmu.

Baca juga: 5 Cara Menghubungkan Game ke Paypal Untuk Memindahkan Uang

Berdasarkan informasi di atas, tentu kamu akan mengetahui batas kecepatan paket internet atau wifi yang kamu gunakan.

2. Permasalahan Jaringan WiFi IndiHome

Internet atau WiFi IndiHome yang bermasalah biasanya merupakan permasalahan jaringan. Entah karena faktor cuaca, atau dari server, perkabelan, sampai rusaknya modem, tentu hal tersebut tak dapat dihindari.

Mau tidak mau, kamu harus segera melaporkan permasalahan yang kamu alami dengan menghubungi Indihome.

3. Struktur Rumah yang Hadang Sinyal

Permasalahan satu ini nyata terjadi pada penulis bukan tanpa sebab. Struktur rumah yang memiliki banyak sekat atau halangan seperti lemari, dapat menghadang sinyal yang diterima oleh perangkat yang kita gunakan.

Memindahkan modem Indihome ke ruangan yang lebih terbuka dan ditempatkan lebih tinggi dirasa penulis dapat meminimalisir penyebab masalah internet ini.

Baca juga: Cara Lengkap dan Mudah Instal Ulang Laptop Sendiri Bagi Pemula

4. Tersandung FUP

Selama menggunakan layanan Indihome lebih dari 10 tahun belakangan, penulis sama sekali tidak pernah mengetahui adanya fair usage policy (FUP). Seingat penulis, di tahun 2016 memang pernah ada kebijakan terbaru dari ISP plat merah ini yang menyinggung batas pemakaian berinternet. Tentu, hal ini berhasil tuai kontroversi di sana-sini.

FUP merupakan sebuah ‘fitur’ terbaru dari Indihome dengan memberikan batas kuota maksimal yang bisa dipakai oleh para konsumen. Setelah melewati batas tersebut, wifi atau internetmu akan menjadi lambat, mulai dari 25%, sampai dengan 75%.

Perlu diperhatikan bahwa masing-masing paket menerapkan batas FUP yang berbeda pula. Semakin besar paket internet yang kamu bayar, maka semakin besar pula batas FUP yang ditawarkan Indihome.

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *