Table of contents: [Hide] [Show]

Menginstal ulang dapat me-reboot kinerja laptop. Artinya laptop terkena malware atau virus. Terkadang kesalahan sistem juga mengharuskan Anda untuk menginstal ulang. Menginstal ulang laptop dapat dilakukan dengan sendirinya dan tidak perlu menggunakan layanan PC. Sebelum mencoba menginstal ulang laptop, Anda harus memperhatikan hal-hal berikut:

Persiapan

Anda tidak dapat memuat ulang secara tidak sengaja untuk proses memuat ulang. Ada beberapa langkah yang harus diselesaikan sebelum Anda dapat menginstal ulang. Masalah seperti backup, registrasi nomor rekening dan juga persiapan driver.

Baca juga: Hati-hati Charger Palsu! Ini 5 Tips Membedakan Charger Asli dan KW

Langkah pertama: Cadangkan file penting

Selama proses reload, semua file bisa terhapus, apalagi terhapus. Keputusan penginstalan yang baik melibatkan penghapusan semua file pada hard disk terlebih dahulu. Cadangkan file Anda terlebih dahulu untuk memastikan file Anda masih dapat diakses.

Cara termudah untuk melakukannya adalah dengan membuat salinan cadangan dokumen dan file. Anda dapat menggunakan flash drive USB atau hard drive eksternal. Cara lainnya adalah dengan menggunakan media penyimpanan cloud. Anda dapat mengunggah semua file yang ingin Anda simpan ke media penyimpanan cloud dan mengunduhnya ke laptop Anda setelah instalasi selesai. Contoh media penyimpanan cloud adalah Google Drive.

Langkah Kedua: Simpan nomor akun

Baca Juga :   3 Laptop Macbook Rating dan Spesifikasi Terbaik 2022

Program yang Anda instal di laptop Anda hampir memiliki nomor seri. Terutama pada program berbayar. Nomor seri ini berarti program kembali ke layanan setelah proses instalasi selesai.

Mungkin tidak perlu mencadangkan file program, tetapi nomor seri ini lebih masuk akal. Beberapa program dapat diunduh oleh penginstal, tetapi tanpa nomor seri, program tidak akan dapat diakses. Anda dapat menyimpan catatan atau menggunakan alat seperti Belarc Advisor untuk memastikan nomor akun Anda nyaman.

Baca juga: 6 Tips Memilih Ponsel 5G yang Murah dan Berkualitas Untuk Anda

Alat ini memindai semua program yang Anda gunakan di laptop dan mencatat semua nomor seri. Program ini adalah token gratis. Jadi cukup unduh, instal, dan gunakan.

Proses Reboot Laptop

Sekarang saatnya untuk mempelajari langkah-langkah dan metode untuk menginstal ulang laptop Anda setelah semua persiapan. Sebenarnya ada 2 kemungkinan pilihan. Metode pertama adalah mengatur laptop ke keadaan baru. Opsi ini hanya tersedia di Windows 10 Fitur ini menghapus semua file di laptop kecuali yang termasuk dalam pengaturan pabrik.

Opsi kedua adalah melakukan pemformatan manual. Ini sedikit lebih rumit daripada opsi pertama, tetapi menghapus file pasti bersih. Pikirkan baik-baik setiap opsi untuk menghindari kesalahan.

Jadi pertimbangkan langkah-langkah berikut untuk memulai prosesnya

  • Buka menu “Mulai” dan klik ikon roda gigi. Anda kemudian harus masuk ke menu “Pengaturan”.
  • Dalam menu ini “Pembaruan & amp; Keamanan ”
  • Klik teks “Pemulihan” di menu ini.
  • Setelah mengklik, itu akan memberi Anda opsi seperti “Mulai ulang komputer ini” dan “Mulai ulang”.
  • Klik tombol “Restart” pada “Restart komputer ini.”
  • Jendela opsional akan muncul untuk melakukan reset bersih dengan menghapus semua file kecuali Windows dan melindungi file pribadi. Untuk opsi kedua, file yang dihapus adalah program, aplikasi, dan file terkait. Jadi, dokumen, gambar, dan video pribadi Anda selalu nyaman.
  • Klik salah satu yang ingin Anda instal lagi. Instruksi dari Windows muncul dan Anda hanya perlu mendengarkannya.
  • Menyetel ulang ke “Negara Baru” umumnya membutuhkan waktu lebih lama tergantung pada ukuran file yang akan dihapus. Setelah proses selesai, laptop akan dikembalikan ke keadaan semula saat Anda membeli dan membukanya.
Baca Juga :   Memahami Dasar Elektrokimia: Definisi, Contoh, Jenis, dan Perbedaan dengan Elektrolisis

Opsi 2 Muat ulang format manual

Cara ini umumnya sangat berguna untuk melakukan reload laptop. Cara ini tidak hanya dapat menghapus sistem operasi tetapi juga Windows 10, tidak hanya malware dan virus. Meninggalkan file membuat penyebaran malware belasan kali.

Anda harus memiliki file Installer Windows 10 dalam bentuk disk atau CD dengan serial number sebelum dapat memulai proses ini. Jika demikian, sekarang saatnya untuk membersihkan file! Proses pembersihan ini paling baik jika Anda menggunakan program pembersihan seperti DBAN.

Baca juga: Tips Mudah! 6 Cara Membuat Desain Kemasan Produk

DBAN (Darik Boot And Nuke) adalah program yang membersihkan semua file Anda dari hard disk sepenuhnya. Anda dapat dengan mudah mengunduhnya secara gratis dan membakar file ini ke CD.

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *