Pelitadigital.com – Belakangan, teknologi jadi sahabat setia kita buat ngebantu banyak urusan, mulai dari yang simpel sampe yang ribet. Dan ada yang bikin masyarakat pada nganga, yaitu kehadiran Artificial Intelligence. Ini benda yang bikin hidup kita jadi lebih gampang tanpa kita sadarin.

Artificial Intelligence, atau AI, tuh sebenernya apa sih? Ini kayak mesin cerdas yang bisa ngasih kemudahan di banyak platform yang kita pake setiap hari. Gak heran, teknologi AI makin laris karena emang bisa bantu kita banyak.

Mengenal Tentang Artificial Intelligence

Artificial Intelligence
Freepik

Artificial Intelligence (AI), atau yang sering disebut AI, itu kayak teknologi canggih di komputer yang punya kemampuan khusus buat ngebantu solve masalah. Dia punya kecerdasan yang katanya bisa ngalahin kemampuan otak manusia, dan ternyata bener-bener bisa ngebantu kita kerja dari yang simpel sampe yang ribet banget.

Salah satu contoh AI yang lagi heboh banget tuh ChatGPT. Teknologi AI dari OpenAI ini jadi pusat perhatian banyak orang. Dia bisa bantu cari info dengan cepet, brainstorming ide, sampe ngebantu nyari referensi buat tugas sekolah. Jelasnya, teknologi AI ini emang berguna banget buat kehidupan kita sehari-hari.

Beberapa Contoh Artificial Intelligence yang Sering ditemukan dalam kehidupan sehari-hari

Tentu, ada beberapa contoh nyata Artificial Intelligence (AI) yang sering kita temui dalam aktivitas sehari-hari seperti dibawah ini:

  1. Asisten Virtual
Baca Juga :   8 Rekomendasi AI Text-to-Speech Terbaik untuk Mengubah text menjadi suara

Asisten Virtual itu kayak temen yang selalu standby buat bantuin kerjaan kita. Dia bisa bantu cari info, atur jadwal meeting, sampe bacain email atau ngingetin acara penting yang harus kita datengin.

ChatGPT contohnya, itu salah satu jenis AI yang bisa bantu banget buat brainstorming ide, cari info, sampe bantuin bikin konten tulisan. Makanya banyak yang ngefans karena manfaatnya yang gak main-main.

  1. Media Sosial

Terus, asisten virtual juga bisa berupa suara, kayak Siri sama Google Assistant gitu. Dua-duanya emang jagoan dalam nggantikan tugas-tugas yang biasanya kita serahkan ke teknologi AI.

Kalo ngomongin media sosial, ternyata Facebook, Instagram, sama Twitter juga punya bagian AI-nya. Mereka pake teknologi AI buat ngertiin minat penggunanya supaya kontennya pas sesuai minat.

  1. Search Engine

Search engine juga salah satu contoh AI yang sering kita pakai sehari-hari. Kita bisa dapetin info yang kita butuhkan dengan cepet dan sesuai. Kotak pencarian yang nunjukin saran-saran topik itu juga hasil dari AI yang belajar dari data pengguna.

  1. Streaming musik atau film

Streaming musik atau film? Spotify, JOOX, Apple Music, Netflix, Disney+ Hotstar, Vidio, semuanya juga pake AI. Misalnya, mereka kasih rekomendasi lagu atau film yang sesuai dengan selera kita, itu semua hasil dari AI yang ngertiin kebiasaan dengerin musik atau nonton film kita.

  1. M-Banking
Baca Juga :   10 Fitur Tersembunyi Copilot yang Akan Meningkatkan Produktivitas Anda!

M-banking, itu juga pake teknologi AI buat bantuin urusan transaksi keuangan tanpa harus repot cari mesin ATM. Ini bikin transaksi jadi lebih aman dan efisien buat kita, karena bisa dilakuin di mana aja tanpa harus mikirin lokasi mesin ATM terdekat.

Kesimpulan

Nah, AI bener-bener bantu banget, di kehidupan kita sehari-hari. Bayangin aja, dari kerjaan sampe waktu kita buka-buka internet atau main di media sosial, semuanya ada jejak teknologi AI di situ. Dampaknya, semua jadi lebih gampang dan efisien. Tapi, tentunya, buat nikmatin kemudahan dari teknologi Artificial Intelligence ini, penting juga punya gadget yang oke biar bisa maksimalin manfaatnya.

BACA JUGA : Samsung Galaxy S24 Series : Semua yang Perlu Anda Ketahui Sebelum Peluncuran

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *