5 Tips Menjadi Youtuber Profesional Untuk Pemula

Tips Menjadi Youtuber
Sumber : alurnews.com

5 Tips Menjadi Youtuber Profesional Untuk Pemula. Saat ini, kesempatan kerja tidak terbatas pada sektor pemerintahan, bahkan banyak orang yang mulai memilih industri kreatif sebagai tempat berkarya dan mengembangkan kreativitasnya. Contohnya adalah karir YouTuber.

Pada awalnya selain memikirkan caranya, saya juga meneliti bagaimana cara menjadi youtuber pemula dengan modal HP saja. Kalian dapat menggunakan perangkat sederhana ini, tidak harus kamera profesional.

Lantas bagaimana. Cara menjadi youtuber ini dia tips sederhana menjadi youtuber yang bisa kalian coba.

1. Pilih Kategori Sukses Yang Kalian Inginkan

Orang awam mungkin hanya tahu bahwa kesuksesan YouTuber hanya sebatas menjadi terkenal dan menghasilkan banyak uang. Padahal, setidaknya ada tiga kemungkinan sukses menjadi seorang YouTuber. Pertama, jumlah subscriber atau pelanggan.
Tentu saja, Kalian harus menyediakan konten yang menarik dan membuat pengguna YouTube mengklik tombol berlangganan di saluran Kalian.

Kedua, keterikatan atau engagement. Kategori ini terkait dengan jumlah suka, komentar, dan bagikan yang Kalian miliki. Semakin banyak orang yang melakukannya, semakin terkenal Kalian sebagai seorang YouTuber.

Ketiga, monetisasi. Bagian ini berkaitan dengan pendapatan yang diperoleh YouTuber pro tentu saja besaran yang didapatkan oleh setiap YouTuber pasti akan berbeda-beda, tergantung dari kualitas video, jumlah penonton atau viewer, dan juga pertimbangan lainnya.

2. Identifikasi Niche Berdasarkan Kemampuan Kalian

Niche atau topik penting. Pastikan untuk memilih topik yang Kalian kuasai. Ini akan memudahkan Kalian untuk menyampaikan pesan Kalian. Beberapa contohnya adalah musik, game, memasak, fashion, dll.

3. Siapkan Peralatan Yang Diperlukan

Kamera, aplikasi pengeditan video, pencahayaan, dan mikrofon adalah beberapa alat yang Kalian perlukan untuk membantu kesuksesan saluran YouTube Kalian. Tapi jangan berkecil hati jika Kalian tidak memiliki semua perangkat ini.

Bahkan dengan ponsel, Kalian masih dapat membuat konten sebaik mungkin. Premisnya adalah Kalian dapat membuat konsep video yang menarik. Jika Kalian menggunakan ponsel, aplikasi editor video dapat menjadi “aksi ninja” Kalian untuk membuat konten YouTube yang menyenangkan. Selain dapat menggabungkan klip video dengan baik, aplikasi editor video juga dapat digunakan untuk memberikan efek visual yang menarik.

4. Buat Chanel Youtube

Sebelum menjadi YouTuber sukses, langkah awal yang penting bagi Kalian adalah membuat channel YouTube terlebih dahulu. Bagi yang sudah memiliki email, Kalian cukup login dengan alamat email yang Kalian miliki sebelumnya.

Selanjutnya jangan lupa untuk memikirkan nama channel yang akan kamu gunakan nantinya ya teman-teman. Usahakan untuk memberi nama yang tidak terlalu rumit dan asing, sederhana dan unik. Setelah itu, Kalian dapat membuat foto profil, deskripsi saluran, dan peralatan lainnya.

5. Buat Fitur di Saluran YouTube Kalian

Memiliki konten yang menarik terkadang tidak cukup untuk membuat Kalian menjadi YouTuber yang sukses. Karakteristik unik seperti tagline yang unik, tampilan yang unik, gaya bahasa yang otentik, atau jenis pembahasan baru penting untuk membedakan diri Kalian dari pembuat konten lainnya.

Aksen yang kuat? Bagi Kalian, itu bisa sangat berharga. Misalnya, Arif Muhammad dan Fiksi yang dikenal sebagai YouTuber Indonesia sukses yang menggunakan dialek dan bahasa daerah yang jenaka/ kocak di setiap naskah kontennya.

Bagaimana, mudah bukan tips menjadi youtuber diatas bisa kalian coba ya, semoga berhasil menjadi youtuber professional dan mendapatkan banyak engagement. Info menarik lainya di Digitalshortaward.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini