Alat Dan Bahan Yang Dibutuhkan Untuk Pelukis Pemula. Melukis merupakan salah satu hobi yang paling digemari masyarakat saat ini, terutama anak-anak. Karena melukis dapat menenangkan pikiran dan mengeluarkan segala kreativitas.

Penting bagi pemula untuk mengetahui peralatan dan bahan apa saja yang digunakan saat melukis agar karya yang dihasilkan bisa maksimal.

1. Kertas atau kanvas

Hobi ini membutuhkan media kreatif yaitu kertas atau kanvas. Namun dalam perkembangannya saat ini banyak orang kreatif yang melukis di atas batu, kaset dan benda lainnya.

2. Kuas

Kuas digunakan untuk melukis berbagai bentuk dan aplikasi. Bentuk kuas ada yang runcing disebut Rigger, berbentuk kipas, tumpul dan rata. Kuas berujung tajam umumnya digunakan untuk detail atau area yang sulit dijangkau. Anda juga bisa membeli pisau palet jika ingin melukis relief atau timbul.

3. Cat

Warna cat juga bervariasi. Untuk melukis di atas kertas, Anda bisa menggunakan cat poster, cat air, dan cat akrilik. Namun, untuk kanvas Anda bisa menggunakan cat akrilik dan cat minyak karena tahan air setelah kering sehingga warnanya tidak luntur.

Jika Anda menggunakan cat minyak, Anda juga memerlukan minyak lukis cair khusus, yang dapat dibeli di toko seni. Kemudian bersihkan kuas dengan tiner, karena cat yang membandel tidak dapat dihilangkan dengan membilasnya dengan air jernih.

Baca Juga :   Ketahuilah, Manfaat Penting Jasa Like Youtube Bagi Seorang YouTuber

Untuk pemula Anda bisa mencoba contoh lukisan di Painters Legend yang telah menyediakan contoh lukisan mudah yang cocok untuk yang baru belajar melukis.

4. Palet

Palet digunakan untuk menuangkan cat sebelum mengaplikasikannya ke permukaan kanvas atau kertas. Anda dapat mencampur warna pada palet sesuka Anda. Ragam bentuk palet pun beragam sesuai selera.

5. Kuda-kuda (penyangga)

Kuda-kuda adalah penopang yang memungkinkan bagian belakang lukisan berdiri tegak. Namun, kuda-kuda tidak diperlukan jika Anda lebih suka melukis di atas meja atau lantai.

Setelah pengecatan, Anda perlu memberikan sentuhan akhir, memperbaiki detail cat, lalu menyemprotkan pilox bening atau mengoleskan cairan khusus yang digunakan untuk mengawetkan warna cat.

Finishing digunakan agar warnanya cantik, mengkilat dan tahan lama. Namun, jika Anda melukis di atas kertas, Anda hanya perlu memperbaiki detailnya.

Baca Juga ;

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *