Semakin ke sini, kebutuhan akan aplikasi desain grafis semakin meluas di berbagai kalangan. Tidak hanya bagi para profesional, kini para pembuat konten atau pegiat sosial media, pelajar, hingga ibu rumah tangga pun berlomba-lomba mempelajari cara penggunaan aneka aplikasi desain populer yang dapat menunjang produktivitas mereka.

 

 

Berbagai jenis aplikasi desain kini hadir di pasaran. Namun tetap saja, aplikasi yang mudah digunakan dan ramah di kantong masih menjadi yang paling banyak diburu orang. Aneka desain siap pakai atau efek-efek canggih yang bisa langsung digunakan hanya dengan sentuhan jari menjadi daya tarik tersendiri.

 

Yuk, simak beberapa aplikasi desain yang populer untuk Android dan layak kamu pertimbangkan untuk memenuhi kebutuhanmu.

 

Canva

 

Canva adalah aplikasi desain grafis yang semakin sering digunakan orang akhir-akhir ini. Penggunaannya cukup mudah. Bahkan tanpa keahlian desain pun kamu tetap bisa mengoperasikannya. Didukung dengan jumlah elemen, font, template, foto, video, dan music library yang banyak, Canva akan membuat kamu merasa bahwa mendesain adalah sebuah hal yang menyenangkan.

Aplikasi Desain
Ilustrasi Aplikasi Canva di Smartphone (Sumber: Screenshot Ponsel Pribadi)

 

 

Canva sendiri memiliki 2 macam jenis izin penggunaan atau license, yakni gratis dan berbayar. Perbedaannya terletak pada jumlah elemen yang dapat dimanfaatkan ketika mendesain. Jika kamu adalah pengguna berbayar, maka jutaan desain siap pakai, gambar, foto, audio, maupun video dapat langsung kamu manfaatkan untuk menjadi bagian dari desainmu.

 

Canva juga terkenal unggul karena menyediakan aneka macam template desain dengan berbagai tema yang dapat kamu aplikasikan dengan mudah atau ketika sedang kehabisan ide. Mulai dari template poster, e-flyer, infografis, hingga membuat presentasi dapat kamu lakukan dengan cepat menggunakan aplikasi yang satu ini.

 

Desygner

 

Aplikasi Desain
Ilustrasi Aplikasi Desygner di Smartphone (Sumber: Screenshot Ponsel Pribadi)

 

Desygner adalah aplikasi android yang juga gampang digunakan. Terutama ketika kamu perlu memenuhi berbagai kebutuhan desain dengan cepat, seperti membuat flyer atau konten sosial media. Berbagai desain siap pakai yang dapat kamu sesuaikan dengan kebutuhanmu tersedia di sini. Salah satu keuntungan menggunakan Desygner adalah kamu dapat mengaksesnya baik di Android, Ios maupun di PC atau laptop dengan menggunakan versi web-nya.

 

Mirip dengan Canva, kamu tidak perlu memiliki kemampuan mendesain yang mumpuni untuk dapat mulai membuat desain dengan hasil menarik. Cukup dengan rajin mengeksplorasi fitur dan template yang ada di dalamnya, desainmu pun akan terlihat profesional. Hanya saja, untuk dapat memanfaatkan elemen, fitur, dan template Desygner secara penuh, kamu tetap perlu berlangganan Desygner Pro terlebih dahulu.

 

Adobe Creative Cloud Express

 

Siapa yang tak mengenal Adobe. Penyedia aplikasi desain grafis, edit foto, hingga video yang sangat powerful dan mendunia sejak dulu. Tak ketinggalan, kini Adobe juga menyediakan aplikasi desain yang lebih sederhana berbasis web dan mobile. Tujuannya adalah untuk memenuhi kebutuhan pengguna mendesain dengan mudah dan cepat.

Aplikasi Desain
Ilustrasi Aplikasi Adobe Creative Cloud Express di Smartphone (Sumber: Screenshot Ponsel Pribadi)

 

Adobe Creative Cloud Express ditujukan untuk memudahkan penggunanya mendesain kebutuhan flyer, infografis, poster, juga konten sosial media dengan cara yang lebih simpel. Sama seperti 2 aplikasi sebelumnya, akses fitur dan elemen secara lengkap hanya akan didapat jika kamu sudah melakukan subscription atau berlangganan versi premiumnya. Dibanding Canva dan Desygner, biaya bulanan maupun tahunan untuk berlangganan Adobe memang bisa dikatakan paling tinggi. Namun tentu banyak hal yang akan kamu dapatkan sebanding dengan yang kamu keluarkan.

 

Pixellab

 

Aplikasi Desain
Ilustrasi Penggunaan Aplikasi Pixellab di Smartphone (Sumber: Screenshot Ponsel Pribadi)

 

Menggabungkan foto dan gambar dengan text sangat mudah dilakukan di Pixellab. Aplikasi yang satu ini bisa dikatakan cukup sederhana dibandingkan aplikasi-aplikasi di atas. Fitur yang dimilikinya tak terlalu banyak. Namun Pixellab memiliki nilai plus jika kamu ingin menggabungkan dan memodifikasi aneka macam teks dengan cepat.

 

Aplikasi lain untuk Mengedit Foto dan Menggambar di Berbagai Platform

Selain aplikasi-aplikasi di atas, ternyata masih banyak nama lain yang juga patut kamu pertimbangkan untuk membuat sebuah desain. Di antaranya adalah Picsart atau Snapseed yang cukup unggul untuk mengedit foto atau gambar secara ekspres. Selain itu jika kamu termasuk tipe orang yang senang membuat gambar orisinil dari nol, maka kamu sebaiknya mulai belajar memanfaatkan aplikasi menggambar seperti Sketchbook dan Ibis Paint untuk berkreasi. Jadi, sudah menentukan aplikasi mana yang akan kamu gunakan untuk meningkatkan produktivitas?

Baca Juga :

 

 

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *