Google terus melakukan pembaruan dan peningkatan pada layanan mesin pencarian. Termasuk juga tools yang baru-baru ini yaitu Google My Business. Hal ini dengan tujuan untuk memahami maksud dari konten penelusuran pengguna agar bisa memberikan hasil yang paling baik.

Alasannya, untuk menawarkan solusi yang lebih baik lagi kepada pelanggan mereka untuk mendapatkan peringkat yang lebih tinggi dalam pencarian Google. Google My Business sendiri adalah salah satu fitur yang telah disediakan oleh Google bagi Anda yang memiliki bisnis dan ingin dipromosikan secara online. Dengan adanya tools ini, Google akan membantu pelanggan untuk menemukan bisnis atau usaha Anda.

Tool ini akan menampilkan informasi mengenai lokasi, jadwal, dan kontak mengenai bisnis Anda. Salah satu keuntungan jika menggunakan tools ini adalah Anda akan sangat mudah dipertemukan dengan customer. Customer pun akan lebih percaya saat mereka mengetahui lokasi produsen atau bisnis Anda secara detail.

Membuat tools ini pun terbilang sangatlah mudah. Pertama Anda wajib untuk memiliki sebuah akun Google.  Anda juga harus memiliki lokasi usaha yang jelas dan akurat. Hal ini bertujuan agar bisa memudahkan Google untuk menemukan lokasi usaha Anda. Berikut ini ada beberapa cara mudah untuk membuat Google My Business!

Membuat akun Google

Langkah pertama yang wajib perlu Anda lakukan adalah, membuat akun google terlebih dahulu. Hal ini tentunya bertujuan agar Anda bisa login pada google.

Daftar ke Google Bisnisku

Jika sudah memiliki akun google, selanjutnya, login pada akun Google Anda. Kemudian buka halaman Google Bisnisku. Di sana Anda diharuskan untuk mengisi form data secara lengkap dan tentunya benar serta valid. Setelah selesai diisi, klik Lanjutkan!

Akan tampil beberapa form-form selanjutnya yang juga harus diisi. Ingat berikan data yang lengkap dan valid! Lakukan ini sampai selesai dan klik Lanjutkan! Seperti ini seterusnya hingga semua form terisi dengan lengkap dan benar.

Mengatur Halaman Utama Google My Business

Untuk selanjutnya, setelah mengisi semua form dengan data yang benar. Anda akan dialihkan pada halaman utama Google My Business. Pada halaman utama ini bisa Anda ubah atau edit sesuai dengan detail usaha yang Anda jalankan.

Misalnya saja, seperti alamat atau lokasi bisnis dan nomor telepon. Lalu, Anda bisa menambahkan logo, gambar-gambar, jam operasional, dan informasi lainnya terkait bisnis yang Anda akan buat.

Memverifikasi Google My Business

Langkah selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah, Anda akan diminta untuk memverifikasi akun Google My Business melalui email. Email tersebut pun berisi tentang kode verifikasi untuk akun google my business Anda.

Karena, kode tersebut berisi 5 angka yang nantinya akan Anda gunakan untuk memverifikasi akun Google My Business. Setelah verifikasi berhasil Anda lakukan, kemudian Anda bisa klik Send Postcard.

Memastikan Tampilan Google My Business Anda di Google

Langkah selanjutnya, Anda diharuskan mengecek pada halaman mesin pencarian pada google. Hal ini untuk memastikan pendaftaran akun bisnis Anda sudah terverifikasi dan berhasil didaftarkan atau belum. Ada baiknya jika Anda mengisi data akun google my business menggunakan kata kunci mudah.  Maksudnya adalah, agar akun bisnis Anda mudah ditemukan oleh customer dan mudah bersaing di halaman google.

Sebagai pemilik bisnis, tentu Anda dapat mempermudah calon customer untuk mengetahui informasi lengkap tentang usaha yang Anda jalankan.  Nama bisnis usaha Anda pun bisa muncul pada layanan aplikasi Google Maps, karena dengan kelengkapan informasi yang valid akan mudah di temukan.

Itulah cara membuat Google My Business yang ada di Google. Sebaiknya Anda benar-benar teliti saat mengisi form pendaftaran, aga informasi yang Anda input benar-benar valid.

Baca Juga :

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *