Pelitadigital.com – Google Drive, sebagai platform penyimpanan cloud yang dikembangkan oleh Google, menawarkan kemudahan akses baik melalui desktop maupun smartphone. Keunggulan utama Google Drive terletak pada fleksibilitas proses pengunggahan file, yang dapat dilakukan tidak hanya melalui desktop tetapi juga melalui perangkat smartphone.

 

Pada versi gratisnya, Google Drive menyediakan ruang penyimpanan sebesar 15 GB untuk berbagai jenis file, seperti dokumen, foto, video, dan lainnya. Selain itu, Google Drive juga berperan sebagai tempat pencadangan otomatis untuk beberapa file khusus, termasuk riwayat obrolan WhatsApp dan file yang telah disetujui untuk dicadangkan.

 

Cara Upload File ke Google Drive dari Smartphone

Menggunakan Smartphone Android

  1. Buka aplikasi Google Drive di smartphone Android.
  2. Klik ikon ‘+’ yang terletak di pojok kanan bawah layar.
  3. Pilih opsi ‘Upload’.
  4. Pilih penyimpanan yang ingin digunakan di smartphone Android. Pengguna dapat mengunggah beberapa file sekaligus.

 

Menggunakan iPhone

  1. Buka aplikasi Google Drive di iPhone.
  2. Klik ikon ‘+’ di pojok kanan bawah layar.
  3. Pilih menu ‘Upload’ dan tentukan ruang penyimpanan untuk file yang akan diunggah.
  4. Proses upload akan berjalan, tunggu hingga file tersimpan di Google Drive.

Proses ini dapat dilakukan dengan mudah asalkan smartphone terhubung ke internet. Keunggulan Google Drive terletak pada kemudahan penggunaannya, memastikan bahwa pengguna dapat dengan cepat mengunggah berbagai jenis file tanpa kesulitan.

 

Kesimpulan

Bagi beberapa file yang tidak dicadangkan otomatis, pengguna dapat dengan mudah mengikuti langkah-langkah di atas untuk menyimpannya dengan aman di Google Drive. Dengan begitu, pengguna dapat memanfaatkan ruang penyimpanan cloud secara optimal, baik untuk keperluan pribadi maupun profesional

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *