Pelitadigital.comCara Mengendalikan PC Dari Jarak Jauh – Apakah Anda pernah merasa terkendala dengan jarak fisik ketika ingin mengakses komputer Anda dari tempat yang berbeda? Bagi sebagian orang, ide untuk melakukan remote PC dari perangkat Android mungkin terdengar seperti sesuatu yang hanya dimengerti oleh para ahli teknologi. Namun, tahukah Anda bahwa akses remote PC tidak harus rumit? Bahkan, dengan perkembangan teknologi saat ini, proses ini menjadi semakin mudah dan dapat dilakukan oleh siapa saja, termasuk Anda yang mungkin baru pertama kali mendengar tentang hal ini.

Cara remote PC dari Android mungkin terdengar rumit, terutama bagi mereka yang awam dengan teknologi komputer. Namun, dengan perkembangan teknologi saat ini, proses remote PC bisa menjadi lebih mudah dan dapat dilakukan oleh siapa pun. Berikut adalah 7 cara untuk mengendalikan komputer dari jarak jauh menggunakan perangkat Android.

7 Cara Mengendalikan PC Dari Jarak Jauh

1. Team Viewer

Salah satu cara yang dapat Anda coba adalah menggunakan Team Viewer. Aplikasi ini dirancang khusus untuk remote desktop dan terus dikembangkan untuk mendukung penggunaan melalui smartphone. Anda hanya perlu menyiapkan perangkat Android Anda.

Baca Juga :   3 Cara Menampilkan Layar HP ke Laptop dengan Mudah dan Efisien

Dengan menggunakan aplikasi ini, Anda tidak perlu lagi terhubung melalui Wi-Fi atau Bluetooth, karena dapat diakses langsung melalui internet. Meskipun menggunakan internet, keamanan tetap terjamin dengan penggunaan Virtual Private Network (VPN).

Selain untuk remote desktop PC, aplikasi ini juga memungkinkan Anda untuk mengirim pesan ke komputer, mentransfer file dua arah, dan bahkan terkoneksi ke PC tanpa perlu mengingat IP Address-nya.

2. Virtual Network Computing (VNC)

Alternatif lain adalah menggunakan VNC untuk remote PC dari Android. Mirip dengan Team Viewer, aplikasi ini juga populer di kalangan pengguna. Cara penggunaannya hampir sama, di mana Anda hanya perlu menginstalnya di PC dan perangkat Android yang digunakan sebagai pengontrol.

Meskipun VNC menggunakan sistem buffer yang dapat menghasilkan delay antara PC dan perangkat Android, kelebihannya adalah aplikasi ini dapat digunakan untuk berbagai sistem operasi dan dapat diakses tanpa koneksi internet.

3. Chrome Remote Desktop

Selain menggunakan aplikasi pihak ketiga, Anda juga dapat mencoba Chrome Remote Desktop. Cara penggunaannya cukup mudah, Anda hanya perlu menginstal Google Chrome dan ekstensi Chrome Remote Desktop di PC dan perangkat Android.

Dengan ini, komputer dan smartphone Anda dapat terhubung dan Anda dapat mengontrol komputer dari jarak jauh dengan menggunakan akun Google yang sama.

Jika Anda mencari cara untuk remote PC tanpa internet, Remote Link Asus bisa menjadi solusi. Awalnya dirancang untuk smartphone Zenfone, namun sekarang dapat digunakan oleh merek lain.

Baca Juga :   Ganti Ponsel Tanpa Kehilangan Chat WhatsApp? Simak Tipsnya di Sini!

Aplikasi ini menggunakan koneksi Bluetooth atau Wi-Fi untuk menghubungkan perangkat. Dengan Remote Link Asus, Anda dapat mengendalikan komputer dari jarak jauh tanpa repot menggunakan komputer sebagai kontrol.

5. Remote Control Collection

Remote Control Collection adalah aplikasi populer di Google Play Store yang menawarkan alternatif lain untuk remote PC dari Android. Dengan menggunakan WiFi, Anda dapat menghubungkan komputer dengan perangkat Android tanpa internet.

Aplikasi ini menyediakan berbagai fitur seperti pengendalian keyboard, mouse, media player, dan lainnya.

6. Airdroid

Airdroid adalah aplikasi lain yang memungkinkan Anda untuk remote PC dari Android. Prinsip kerjanya mirip dengan aplikasi lainnya, di mana Anda perlu menginstalnya di komputer dan perangkat Android.

Setelah diunduh dan diinstal, Anda dapat masuk dan mulai mengendalikan komputer dari perangkat Android Anda.

7. Aunified Remote

Terakhir, Aunified Remote menawarkan fitur paling lengkap di antara aplikasi remote lainnya. Dengan lebih dari 90 fitur yang tersedia, Anda dapat mengendalikan keyboard, mouse, media player, dan banyak lagi tanpa perlu koneksi internet.

Cara penggunaannya pun cukup mudah, hanya dengan menginstal aplikasi di kedua perangkat, komputer, dan Android Anda, lalu menghubungkannya.

Dengan demikian, ada banyak cara untuk remote PC dari Android, yang memungkinkan Anda untuk mengontrol komputer dari jarak jauh dengan mudah dan aman. Tidak perlu menjadi seorang hacker ahli untuk melakukannya, cukup pilih salah satu dari 7 cara di atas dan mulai mencoba!

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *