Windows stuck di logo adalah salah satu masalah yang cukup sering terjadi di komputer atau laptop. Masalah ini membuat komputer kamu berhenti di tampilan logo saja saat booting dalam waktu yang cukup lama.

Bisa dikatakan juga kalau masalah ini merupakan penyakit lama sistem operasi Windows. Karena bisa terjadi di semua versi Windows, mulai dari Windows 7, Windows 8 dan Windows 10.

Baca juga: 4 Tips Mengatasi WiFi IndiHome Lemot dan Bermasalah

Bicara tentang masalah Windows stuck di logo, kami juga pernah beberapa kali mengalaminya. Oleh sebab itulah, di sini kami akan membagikan cara untuk mengatasinya.

Cara Mengatasi Windows yang Stuck di Logo

Masalah Windows stuck di logo sebenarnya terbilang cukup mudah untuk diatasi. Karena biasanya hal yang menyebabkan masalah ini tidak terlalu parah.

Berikut penyebab Windows stuck di logo:

  • Adanya bug atau error pada sistem Windows
  • Masalah pada harddisk
  • Terdapat masalah di RAM
  • Cache menumpuk
  • Ada file sistem yang terhapus
  • Dan lainnya

Nah selanjutnya berikut akan kami jelaskan juga cara mengatasinya, supaya Windows bisa normal seperti sedia kala.

1. Matikan PC / Laptop Sementara

Pertama, kamu bisa mematikan PC atau laptop sementara waktu (disarankan 2-5 menit). Setelah itu, kamu bisa nyalakan kembali PC atau laptop yang mengalami masalah Windows stuck di logo.

Tujuan mematikan PC atau laptop sementara ini ialah untuk me-refresh kembali sistem yang mengalami bug atau error di perangkat tersebut.

Setelah di-refresh selama beberapa saat, biasanya PC atau laptop bisa hidup normal lagi ketika dinyalakan.

Baca juga: Cara Mendapatkan Backlink Gratis dengan Mudah

2. Gunakan System Restore

Kalau masalah ini terjadi ketika kamu habis update Windows atau memasang suatu aplikasi tidak dikenal di komputer / laptop, sebaiknya restore sistemnya saja.

Tapi pastikan sebelum melakukan update Windows atau memasang aplikasi, kamu sudah membuat system restore point. Kalau belum, cara ini tidak bisa kamu coba.

Kalau sudah punya data system restore point, kamu bisa langsung ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk memakainya:

  1. Buka Create a Restore Point di komputer.
  2. Nantinya System Properties muncul, klik tombol System Restore.
  3. Setelah kotak dialog System Restore tampil, klik tombol Next.
  4. Kemudian centang Show more restore point.
  5. Klik Restore Point yang sudah dibuat sebelum mengalami masalah. Contohnya di sini kami sudah buat restore poin bernama data backup.
  6. Kalau sudah klik tombol Next.
  7. Terakhir, klik Finish untuk memulai proses System Restore.

3. Gunakan Command Prompt

CMD atau Command Prompt di Windows punya fungsi yang cukup banyak. Salah satunya adalah untuk memperbaiki sistem yang bermasalah lewat kode perintah.

Nah, masalah Windows stuck di logo ini juga bisa diperbaiki melalui CMD dengan perintah khusus.

Baca juga: 5 Rekomendasi Game Detektif Terbaik 2022, Mainkan Sekarang Juga!

4. Reinstall Windows

File sistem yang terhapus meskipun tidak sengaja, umumnya memang bisa menyebabkan masalah. Salah satunya seperti bisa membuat tampilan Windows stuck di logo saat booting.

Sebenarnya kalau ada file sistem yang terhapus masih bisa diatasi dengan fitur System Restore yang sudah kami bahas di atas. Tapi kalau tidak punya Restore Point, maka kamu harus melakukan install ulang Windows.

Hal ini juga berlaku untuk kamu yang sudah melakukan System Restore tapi masalah itu masih muncul. Nah install ulang ini merupakan solusi yang tepat untuk mengatasi semua masalah sistem di komputer.

5. Pastikan Harddisk / SSD Masih Normal

Harddisk merupakan salah satu komponen penting di komputer. Karena hardware ini berfungsi untuk menyimpan semua data, termasuk data sistem dari komputer kamu.

Kalau harddisk atau SSD kamu rusak, biasanya akan menyebabkan beberapa masalah yang cukup serius. Salah satunya seperti masalah Windows stuck di logo ini.

Cara ini bisa kamu pakai kalau bisa masuk ke Windows meskipun stuck cukup lama. Tapi kalau tidak bisa masuk sama sekali, kamu bisa cek kesehatan harddisk secara manual.

Caranya cukup hidupkan komputer, lalu dengarkan suara putaran harddisk. Kalau ada bunyi, tandanya ada masalah di harddisk kamu.

Nah itulah cara-cara untuk mengatasi masalah Windows stuck di logo. Karena masalah ini bisa disebabkan oleh beberapa hal, sebaiknya kamu cari tahu dulu apa penyebabnya

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *