Sebagai CMS (Content Management System) yang paling populer dan paling banyak digunakan di dunia, WordPress tidak bisa dipungkiri bahwa membutuhkan suatu hosting khusus, untuk para pemilik blog atau web dengan CMS WordPress. Dan saat ini, sudah banyak penyedia hosting yang menawarkan WordPress Hosting, kepada para pemilik web dengan CMS di Indonesia.

Tetapi sebenarnya apa itu WordPress hosting? Untuk memberikan pengetahuan kepada kamu, maka pelitadigital akan membahas tentang pengertian WordPress hosting di bawah ini:

Penjelasan Lengkap tentang WordPress Hosting! Ayo Dibaca!

Pengertian WordPress Hosting

Sesuai dengan namanya, WordPress hosting  adalah suatu layanan pertahanan website yang dibuat khusus, untuk para pengguna CMS WordPress, supaya pemilik web bisa fokus pada konten blog/wordpressnya.

Dia tidak perlu repot mengurus beragam masalah tekhnis, seperti kecepatan loading (Speed), keamanan (Security), dan masalah resource limit yang membatasi. Intinya, jenis hosting ini dibuat sedemikian rupa, untuk membantu performa suatu web WordPress semaksimal mungkin.

Mulai dari teknologi yang digunakan sampai arsitektur server, semuanya didesain untuk kebutuhan web site WordPress, hal itu terjadi karena pertahanan website ini sering kali disebut dengan istilah “Managed WordPress Hosting”.

Pertahanan website ini mempunyai beberapa fitur utama yang bisanya ditawarkan, seperti berikut :

  • Resource limit yang jauh lebih besar.
  • Setting dan penginstallan WordPress yang jauh lebih mudah. Hanya tinggal setup tools atau control panel khusus, tidak ribet dan benar-benar sederhana.
  • Auto atua update engine, plugin, dan theme yang memudahkan pengguna.
  • Auto backup yang sangat membantu bila terjadi masalah.
  • Keamanan yang lebih terjamin (Virus dan malware protection).
  • Free premium theme/plugin (tidak semua penyedia hosting memberikan fitur ini)

Terkadang  penyedia hosting juga menyediakan beragam fitur lain seperti free Ssl, setting Cdn, dan sebagainya, tetapi semua Itu tidak terlalu penting. Yang wajib Kamu cermati adalah resource limit yang mereka berikan, karena inilah nialai penting dari jenis pertahanan website yang akan Kamu gunakan, dan bisa kamu manfaatkan.

Tidak hanya itu, kamu harus mencermati Angka-Angka yang dibuthkan ketika ingin membeli hosting, dan angka-angka tersebut adalah seperti di bawah ini:

  • Disk space yang diberikan
  • CPU disesuaikan dengan kapasitas server hosting itu (Number & percentage of Cpu)
  • Besarnya rarar Ram, virtual memory, physical memory, entry process, number of process, dan I/O
  • Batasan jumlah kuota visitor per bulan (Jika ada)

2 Batasan Penting dalam WordPress Hosting

Pada umumnya, ada 2 batasan penting pada suatu hosting, yakni resource limit dan disk space (Storage). Jika Kamu masih bingung mengenai bagaimana mempertimbangkan perbedaan antara resource limit dan disk space, berikut penjelasannya:

Jikalau blog Kamu mempunyai beberapa fitur seperti theme atau plugin, yang berat dan bergerak maju (seperti lembaga/marketplace), artinya aktivitas pengunjung blog kamu sangat tinggi, dan sering terjadi perubahan pada web kamu.

Maka penuls sarankan, kamu bisa menggunakan hosting yang resource limitnya lebih besar. Resource inilah yang merubah kecepatan akses blog dan besarnya kapasitas visitor, yang bisa Kamu tampung secara bersamaan.

Jadi, jika web atau blog kamu memiliki fitur seperti theme atau plugin yang memberatkan, model pertahanan website ini sangat cocok. Karena resource limitnya, pertahanan website cocok dengan web yang memiliki aktivitas traffic yang tinggi, seperti lembaga atau marketplace dengan visitor yang sangat banyak. Terlebih jika konten web kamu sering diupdate, dan diubah atau bergerak maju.

Nah itu tadi pengertian tentang WordPress hosting. Bagaimana? Apakah kamu tertarik menggunakan model hosting ini? Ya, meskipun harganya cukup mahal, tetapi hal itu sesuai dengan beragam fitur dan kelebihan yang dimiliki.

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *