Tertarik Cara membuat website jualan? Ternyata membuat website untuk jualan kamu hanya membutuhkan beberapa langkah sederhana. Apa saja langkah tersebut? Nah, daripada penasaran, simak langkah-langkahnya dalam artikel di bawah ini.

Cara Membuat Website Jualan

Toko online yang menarik dan profesional sangat penting jika kamu ingin memulai bisnis online. Namun, membuat situs web untuk toko online kamu mungkin terdengar sulit, terutama jika kamu tidak memiliki pengetahuan yang luas tentang situs web. Namun jangan khawatir, artikel ini akan memandu kamu melalui langkah-langkah sederhana untuk membuat website toko online yang keren.

Untuk membuat toko online kamu, ikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Pesan web hosting dan domain
  • Instal situs web WordPress
  • Penyiapan situs web lengkap
  • Instal tema toko online
  • Instal plugin WooCommerce
  • Menyelesaikan penyiapan WooCommerce
  • Sematkan konten produk di toko online kamu
  • Mengonfigurasi pengaturan halaman produk
  • Gunakan gateway pembayaran

1. Pesan web hosting dan domain

Langkah pertama dalam membuat situs web toko online adalah membeli web hosting dan domain untuk toko online kamu. Hosting menyimpan data situs web dan membuatnya dapat diakses melalui Internet. Sedangkan domain adalah alamat yang kamu masukkan untuk membuka situs web.

Jika kamu belum memiliki hosting atau domain, kamu bisa memesannya di Niagahoster. Sebenarnya, ada banyak jenis layanan hosting yang bisa kamu pilih untuk membangun toko online kamu. Namun, kami merekomendasikan layanan cloud hosting.

Baca Juga :   Optimasi SEO Off page Semakin Mudah via Backlink.co.id

Hosting ini sepenuhnya dikelola dan cocok untuk situs web toko online. Dengan begitu, kamu bisa memfokuskan perhatian dan waktu kamu untuk mengelola website toko online kamu.Selain itu, keunggulan cloud hosting terletak pada sumber dayanya.

Sumber daya server cloud hosting tidak digunakan secara bersama-sama, tidak seperti shared hosting. Hal ini membuat situs web kamu tetap dapat diakses bahkan ketika situs web lain kelebihan beban. Berikut ini panduan cara memesan hosting dan domain di Niagahoster sebagai langkah awal kamu membuat website toko online.

  1. Pertama kamu harus mengunjungi web niagahoster dan pilih cloud hosting di websitenya.
  2. Selanjutnya, kamu pilih paket hosting yang di inginkan.
  3. Pilih periode hosting yang diinginkan dan periksa apakah nama domain website toko online kamu tersedia. Jika kamu masih belum menemukan nama yang bagus untuk toko online kamu, mulailah dengan membaca tips memilih nama domain. Jika ya, klik Verifikasi Domain.
  4. Jika domain yang diinginkan tersedia, klik nama domain pilihan kamu dan klik tombol “Tambahkan ke Keranjang”.
  5. Pada halaman berikutnya, kamu dapat memilih rekomendasi fitur tambahan (opsional). Jika ya, klik Berikutnya.
  6. Di sini kamu dapat memilih metode pembayaran yang kamu inginkan. Kemudian masuk atau daftar terlebih dahulu jika kamu belum memiliki akun.
  7. Tekan checkout untuk mengkonfirmasi pesanan kamu.
  8. Langkah terakhir adalah membayar pesanan domain dan hosting kamu. kamu dapat mengecek status pesanan dan detail pesanan di Member Area Niagahoster.
Baca Juga :   Apa itu DA dan PA ? dan Mengapa Penting Untuk Blog

2. Instal Website WordPress

Niagahoster menyediakan fitur instalasi WordPress otomatis yang bisa kamu pilih saat memesan hosting dan domain. Namun, jika kamu melewatkannya, kamu bisa mencoba menginstall WordPress secara manual. Berikut ini adalah langkah-langkah yang perlu kamu ikuti untuk login ke cPanel. Ada dua cara untuk mengaksesnya.

  • Pertama, akses administrasi WordPress kamu dari member area Niagahoster. Kemudian klik Open Dashboard.
  • Cara kedua adalah dengan menambahkan kata “wp-admin” setelah domain. Misalnya, namadomain.com/wp-admin. Ini akan membawa kamu ke halaman login website WordPress kamu.
  • Selanjutnya, kamu akan melihat halaman Pengaturan Hosting. Klik pada tab “cPanel” dan pilih ikon “All Features” untuk melihat semua fitur CPanel.

Nah, itulah tadi Cara Membuat Website Jualan. Semoga bermanfaat.

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *