Cara Mudah Untuk Menjadi Freelancer. Freelance adalah jenis suatu pekerjaan yang cukup fleksibel. Anda bisa bekerja kapanpun dan dimanapun tanpa terikat kontrak jangka panjang dengan suatu perusahaan. Freelancer adalah seorang pekerja lepas, dimana jika kita memiliki suatu keahlian khusus terhadap sesuatu  bisa kita manfaatkan untuk menghasilkan uang. Lalu bagaimana cara menjadi freelancer yang mudah?

Semakin banyak kebutuhan yang harus dicukupi dalam sehari-hari, banyak orang pun mencari dan melakukan pekerjaan sampingan agar mendapatkan penghasilan tambahan. Salah satunya dengan cara menjadi freelancer. Berikut ini adalah cara menjadi freelancer dengan mudah, antara lain sebagai berikut:

Tidak Perlu Melihat Usia

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan untuk menjadi seorang freelancer adalah tidak perlu memandang usia. Menjadi freelancer memang tidak ada batasannya, itulah salah satu kelebihan pekerja yang suatu ini.

Banyak usia remaja yang berusia dibawah 17 tahun sudah berhasil mendapatkan ratusan dollar dari freelance. Selain itu usia di atas 40 tahun pun juga bisa menjadi freelancer. Untuk itu percaya diri adalah kunci dari seorang freelancer

Tidak Memandang Pendidikan

Berikutnya, yang perlu Anda ketahui adalah tentang pendidikan terakhir itu tidak terlalu penting bagi seorang freelancer. Hampir tidak pernah ditanyakan apa pendidikan terakhir Anda. Mulai dari lulusan SD, SMP, SMA, SMK, S1, S2, atau S3 jika memang berkompeten akan bisa diterima dalam bidang freelance.

Jika Anda sekarang masih dalam kuliah di bidang yang mungkin berbeda dengan apa yang Anda sukai, tidak akan masalah untuk menjadi freelancer. Misalkan Anda sekarang kuliah di pertanian tetapi Anda menyukai desain grafis, selama Anda berkompeten di bidang grafis, pekerjaan tersebut tetap bisa didapat. Hal ini disebabkan dalam bidang freelance yang dibutuhkan adalah kemampuan/skill.

Fokus Satu Bidang

Jika Anda ingin menjadi seorang freelancer, tentunya harus memilih bidang apa yang akan kerjakan. Sebab, dalam freelance itu banyak sekali bidangnya. Misalnya, ada freelancer di bidang pemrograman website, ada freelancer di video editing, ada juga di bidang penulisan bahkan ada di bidang data entry yang tugasnya memasukkan data dan juga pembuatan makalah.

Dengan adanya berbagai macam bidang dalam freelance, Anda dari awal harus menentukan terlebih dahulu bidang apa yang akan Anda kerjakan. Agar nantinya Anda bisa merasakan kenyamanan pada bidang tersebut.

Konsisten Mengasah Kemampuan/ Skill

Konsisten mengasah kemampuan adalah salah satu cara menjadi freelancer. Anda harus bisa mengasah skill terus menerus. Hal tersebut dilakukan agar skill Anda terus meningkat. Sehingga bisa bekerja dengan baik di bidang yang Anda sukai.

Untuk mengasah skill kemampuan, Anda bisa melakukannya setiap hari dengan belajar terus menerus. Dengan begitu, jika Anda sering melakukannya pasti akan terbiasa dan akan lebih menguasai keahlian bidang yang ditekuni.

Membuat Portofolio

Selanjutnya adalah dengan membuat portofolio atau personal project. Sebab, jika Anda seorang yang ahli dalam bidang desain, Anda bisa membuat desain-desain sendiri seperti membuat ilustrasi ataupun membuat desain logo. Jika Anda suka menulis, maka membuat contoh tulis hasil karya sangat disarankan.

Bergabung dengan Situs Freelance

Setelah melakukan hal-hal di atas, yang terakhir adalah Anda harus belajar untuk mendapatkan klien. Ini menjadi sangat penting, karena memiliki skill tapi tidak memiliki klien sama dengan omong kosong. Cara yang paling mudah adalah Anda harus bergabung ke grup freelancer di media sosial atau mencari job di situs freelance. Di sini Anda harus cepat tanggap karena persaingan di bidang freelance cukup ketat. Namun Anda tidak perlu berkecil hati, karena jika Anda memiliki skill yang mumpuni, orderan biasanya akan mengikuti.

Itulah beberapa cara menjadi freelancer dengan mudah. Terkhusus untuk pemula, Anda harus percaya diri dan terus belajar untuk meningkatkan skill Anda.

 

Baca Juga :

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *