Apa itu digital marketing? Dan apa saja contoh digital marketing? Digital marketing adalah tindakan menarik perhatian publik ke sebuah penawaran lewat saluran berbayar online dan digital oleh sponsor yang teridentifikasi.

Tepatnya, iklan digital marketing adalah segala bentuk iklan yang muncul secara online, atau di saluran digital seperti web site, mesin pencari, sistem media sosial, aplikasi seluler, dan saluran lain yang bisa diakses secara digital.

Periklanan jurnal digital marketing adalah cabang pemasaran digital dan hanya berurusan dengan bauran promosi pemasaran digital.

Contoh Digital Marketing yang Sangat Sukses Dipasaran

Contoh Digital Marketing yang Sukses

Untuk menjawab pertanyaan Kamu, apa saja contoh digital marketing? Berikut adalah contoh digital marketing di indonesia yang sukses.

Baca Juga :

Tokopedia

Salah satu perusahaan yang sukses a dengan transformasi digitalnya adalah Tokopedia Indonesia. Siapa yang tidak kenal dengan marketplace yang mempunyai komponen lengkap ini, wadah pemasaran online ini bisa membaca peluang bagi orang lain yang ingin berjualan. Tentunya dengan memperhatikan apa yang menjadi keperluan dan juga bantuan.

Banyak orang yang ingin memulai berjualan, tapi terbebani pengadaan toko fisik dengan modal yang lumayan menguras kantong. Tetapi sejak ada marketplace online ini, mereka perlu lagi mendirikan toko fisik yang mumpuni.

Gojek

Kamu pasti sudah sangat familiar dengan brand ini. Gojek merupakan contoh perusahaan digital dengan layanan ojek online pertama di Indonesia, yang menawarkan kemudahan gerak bagi orang-orang yang tidak mempunyai kendaraan pribadi.

Berbeda dengan kompetitor lain pada masanya, dimana saat itu orang harus berdiri di pinggir jalan untuk mendapat transportasi yang mereka butuhkan. Gojek justru hadir dengan mentransformasikan layanannya, berupa aplikasi pemesanan hanya dengan satu sentuhan.

Transformasi digital mengantarkan Gojek menjadi salah satu perusahaan Decacorn pertama di Indonesia, dengan valuasi lebih dari 142 triliun rupiah pada tahun 2019.

Erigo

Erigo merupakan salah satu contoh online marketing brand fashion lokal, yang bisa membuat product mereka bisa bersaing di anjung internasional. Pada tahun 2015, Erigo bisa mencapai omzet sampai 22 miliar dan menjadi salah satu brand fashion terbaik karya anak bangsa.

Di dalam perjuangannya, Erigo memakai web site buatan sendiri dan media sosial Instagram, untuk memasarkan product mereka. Di dalam Instagram, mereka berhasil bekerja sama dengan beragam perusahaan terkenal untuk mengiklankan product mereka.

Maicih

Product makanan ringan yang satu ini mulai meniti bisnis dari nol semenjak Juni 2010. Sistem pemasarannya di awal keberhasilan terbilang unik, karena sudah menggunakan sistem Viral Marketing.

Dulu, Maicih menjual produk-produknya lewat truk yang berjalan dari tempat ke tempat lainnya. Tempat yang digunakan untuk berjualan sangatlah rambang, sehingga banyak orang yang penasaran.

Hal ini juga mengakibatkan jumlah pengikut Twitter Maicih meningkat drastis. Nantinya, informasi tentang posisi Maicih berjualan akan mereka sebar lewat Twitter per minggunya. Dengan kabar itu, pengikut akun Twitternya akan langsung berbondong bondong meluncur ke lokasi.

Baca Juga: Lengkap! Ketahui Pengertian, Manfaat, Serta Cara Kerja SEO Disini!

Sesampainya di lokasi, para pembeli akan langsung menemukan antrean pembeli yang benar-benar panjang. Dalam waktu singkat, product Maicih pun bisa langsung habis dan para pembeli baru bisa membeli produknya seminggu setelahnya.

Dan itulah contoh dari digital marketing yang bisa kamu tiru saat akan mendirikan bisnis. Semoga informasinya bermanfaat, dan jangan lupa untuk tetap semangat.

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *