Penulis : Denita Capridasari (202010180311066), Universitas Muhammadiyah Malang

 

Pelitadigital.com – Presiden Indoenesia Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan pentingnya pembangunan ibu kota negara (IKN) Nusantara. Jokowi yakin bahwa dengan adanya pembangunan IKN pertumbuhan ekonomi indonesia bisa semakin maju. Pengembangan IKN Nusantara sebagai salah satu motor inovasi pembangunan ekonomi masa depan. Selain itu beliau juga menyampaikan bahwa ada beberapa pondasi yang telah dibangun sejak 2021 yang diyakini bisa mendorong pemulihan ekonomi setelah adanya Pandemi Covid 19 selama dua tahun. Indonesia berhasil menangani kasus pandemi, mampu mengendalikan penyebaran kasus Covid-19 yang terjadi di Indonesia.

Pemindahan IKN ke Kalimantan Timur tidak hanya untuk mengurangi beban kota Jakarta, namun pemindahan tersbut dimaksudkan sebagai pemerataan ekonomi. IKN sebagai pusat ekonomi baru atau sebagai penggerak ekonomi di masa mendatang. Dalam lampiran 2 UU IKN nomor 3 tahun 2022 menyatakan bahwa IKN sebagai penggerak ekonomi pada masa mendatang didesain untuk progresif, inovatif, dan kompetitif dalam hal teknologi, arsitektur, tata kota dan sosial.

Perekonomian Indonesia selama dua tahun bisa terus bergerak meskipun terbatas, Kondisi ekonomi Indonesia yang terus berkembang ini dinilai dapat mempermudah laju perubahan kecepatan perekonomian di tahun 2022. Salah satu pondasi besar yang terlihat bahkan dapat dinikmati di tahun 2022 yaitu dengan adanya reformasi struktural yang komprehensif dengan dibentuknya Undang-Undang Cipta Kerja.

Baca Juga :   Pengertian Produk Digital dan Contoh-Contohnya

Sejak 2021 telah dilakukan hilirisasi secara besar-besaran. Pemerintah Indonesia mulai memberhentikan sejumlah ekspor bahan baku atau raw material dan mendorong hilirisasi dalam negri. Dengan adanya hilirisasi yang semakin tinggi maka akan terus meningkatkan ekonomi serta dapat menciptakan lapangan kerja di dalam negri. Semakin menguatnya ekonomi digital sebagai bisnis beru dalam perekonomian mencerminkan semakin banyaknya startup dengan status unicron, bahkan ada beberapa startup yang berhasil mencapai decacorn.

Hingga saat ini hilirisasi akan terus berjalan dengan menciptakan produk turunan yang lebih banyak serta variatif. Hilirisasi diyakini bisa mendatangkan invertasi yang lebih besar, sehingga dapat membuka lapangan kerja yang semakin banyak. Selain itu, nilai ekspor juga mengalami peningkatan sehingga mampu memperbaiki neraca pembayaran dan memperkokoh moneter Indonesia.

Disamping itu, Pemerintah Indonesia juga mendorong pemulihan dengan mempercepat pengembangan ekonomi hijau. Indonesia memiliki sumber daya alam yang cukup besar untuk mengembangkan energy hijau yang lebih murah, sehingga diharapkan mampu meningkatkan daya saing di era ekonomi hijau.

Posisi IKN yang cukup strategis yang berada di tengah-tengah Indoensia berpotensi menjadi penggerak perekonomian Kalimantan yang kaya akan sumber daya alam. Lokasi IKN Nusantara yang berada di alur laut kepulauan indonesia (ALKI) II memposisikan Indonesia menjadi lebih strategis dalam jalur dunia, aliran investasi dan teknologi.

 

 

 

Baca Juga :

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *