Tahukah Anda bahwa lagu adalah sumber yang bagus untuk mengenali kata atau frasa? Lagu sering didengarkan untuk relaksasi atau untuk tujuan tertentu, seperti menyalurkan emosi yang tertekan.

Hal ini dikarenakan lagu tersebut memiliki variasi bunyi ritmis. Lagu adalah karya seni yang berkaitan dengan seni bunyi dan bahasa.

Oleh karena itu, sebuah lagu dapat dibuat dengan menggabungkan melodi dan warna suara. Dalam sebuah lagu terdapat lirik yang merupakan susunan/kumpulan kata. Liriknya tidak mudah dibuat, tetapi inspirasinya bisa datang dari berbagai sumber.

Nah, artikel kali ini akan membahas lebih dalam tentang bagaimana lirik lagu berfungsi sebagai sarana informasi dan edukasi bagi negara dan masyarakat.

Kutipan dari buku Mudah Belajar Berbahasa Inggris di Era Pandemi COVID-19 Melalui Analisis Lirik Lagu karya Heni Nurani (2021:7) berikut fungsi lirik lagu dalam seni musik:

1. Membentuk kreativitas

Lirik pada hakekatnya adalah susunan kata-kata yang merupakan hasil cipta manusia sehingga memiliki arti tersendiri.

2. Sarana informasi dan edukasi

Lirik lagu dapat difungsikan sebagai sarana menyebarkan informasi dan edukasi bagi banyak orang. Sebagai media informasi, lirik lagu dapat menyampaikan suara pemerintah, lembaga pemerintah, dan organisasi masyarakat.

Baca Juga :   Karton Box vs Kertas Karton : Mana yang Terbaik?

Sebagai sarana edukasi, lirik lagu dapat mendidik kepribadian seseorang untuk mempengaruhi perubahan sikap sebagai anggota masyarakat.

3. Hibur pendengar

Mendengarkan lagunya, perasaan seseorang yang terjebak dalam kekacauan bisa menjadi semangat, lagunya bisa menghibur perasaan pendengar yang berbeda. Berbagai lirik lagu Indonesia hingga barat bisa Anda temukan di Lirikaja.net.

4. Mengkritik lingkungan atau kondisi

Melalui lagu, Kitab Isa menyampaikan kritik yang membangun bagi kemajuan bangsa dan negara dalam kondisi atau lingkungan tertentu.

5. Ekspresikan perasaan dan nilai-nilai budaya

Sebuah lagu dapat mengungkapkan emosi dan perasaan serta juga mencerminkan nilai budaya seseorang, bahkan lagu juga dapat mencerminkan nilai budaya suatu bangsa.

Lirik lagu berfungsi sebagai sarana informasi dan pendidikan bagi negara dan masyarakat. Selain itu, lirik dapat menghibur pendengar, mengkritisi lingkungan atau kondisi, serta mengungkapkan perasaan dan nilai-nilai budaya. Semoga bermanfaat.

Baca Juga ;

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *