Karton box dan kertas karton —masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan yang berbeda. Sehingga menimbulkan pertanyaan mana yang lebih baik antara karton box dan kertas karton sebagai bahan kemasan. Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan dalam memilih keduanya.

Keamanan dan Perlindungan

Pertama, karton box dapat menahan beban berat dan menjaga bentuk produk. Sehingga cocok untuk produk dengan berat atau bentuk tak stabil. Sedangkan kertas karton lebih cocok sebagai pengisi atau pembungkus, karena lebih mudah rusak dan tidak dapat menahan beban berat.

Biaya

Kedua, harga kertas karton lebih murah daripada karton box, sehingga lebih ekonomis jika jumlah kemasannya besar. Namun, karton box memberikan perlindungan yang lebih baik dan umumnya kita gunakan untuk produk yang membutuhkan keamanan tinggi. Contohnya seperti barang-barang elektronik atau makanan.

Ketersediaan

Ketiga, kertas karton lebih mudah Anda temukan dan tersedia di pasaran. Sementara karton box biasanya harus Anda pesan terlebih dahulu dari produsen atau pabrik kemasan.

Keamanan lingkungan

Kemudian, kertas karton lebih ramah lingkungan dsripada karton box. Sebab lebih mudah mendaur ulangnya dan memiliki karbon yang lebih rendah. Namun, karton box juga masih bisa kita daur ulang dan produksi dengan bahan-bahan yang ramah lingkungan.

Baca Juga :   Cak Imin: Siap Hadapi Pilpres 2024, Baik Dua, Tiga, maupun Empat Poros

Fungsi dan kegunaan

Karton box sering kita gunakan untuk pengiriman produk, sedangkan kertas karton lebih umum kita gunakan untuk pembungkus  dalam kemasan. Namun, kertas karton juga bisa Anda gunakan untuk membuat kotak atau wadah kemasan. Ini semua tergantung pada kebutuhan.

Tampilan dan branding

Terakhir, karton box lebih mudah kita cetak dan rancang sesuai branding dan informasi produk. Sehingga lebih cocok untuk produk-produk yang memerlukan penampilan menarik. Kertas karton sendiri cenderung memiliki tampilan yang lebih sederhana dan tak terlalu menarik.

Di masa kini, memilih pabrik karton box yang tepat adalah penting untuk menjaga kualitas produk Anda. Nah, Dinas Tindo Pratama adalah salah satu penyedia karton box yang menawarkan kualitas dan layanan terbaik. Mereka selalu siap memberikan solusi untuk setiap masalah karton box bisnis Anda.

Nah, itulah tadi pembahasan singkat mengenai mana yang lebih baik antara karton box dan kertas karton. Semoga informasi ini dapat berguna ya!

Baca Juga :

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *