kerusakan yang sering terjadi pada TV LED atau LCD. Semakin berkembangnya dunia teknologi, beberapa TV digital pun saat ini telah begitu didominasi oleh televisi berlayar datar. TV model itu, disebut LED TV atau TV LCD. TV model ini hampir diproduksi setiap tahunnya dari berbagai merek dan jenis. Kehadiran TV LED/LCD saat ini pun semakin canggih dan modern. Hal ini dikarenakan terdapat banyak fitur-fitur menarik dan kekinian.

Untuk itu, berikut beberapa kerusakan yang sering terjadi pada TV LED atau LCD yang perlu kita ketahui:

Layar TV LED/LCD Gambarnya Gelap atau Tidak Ada Gambarnya

Kerusakan pertama yang sering sekali bisa terjadi pada TV LED/LCD adalah pada layarnya yang terkadang menjadi tidak ada gambar sama sekali. Hal ini dapat terjadi meskipun televisi telah dihidupkan.

Kendala ini kemungkinan besar unit catu daya di dalam TV LED/LCD mengalami suatu masalah. Karena, catu daya bertanggung jawab untuk menerima arus listrik dan mengirimkannya ke semua komponen TV LED/LCD agar bisa menyala.

Unit catu daya sendiri mengalami masalah dikarenakan lonjakan pada pasokan input yang terjadi secara tiba-tiba. Biasanya, indikasi ini terjadi karena komponen kapasitor pada papan catu daya mengalami kerusakan.

Baca Juga :   7 AI Image Generator untuk Kreativitas Tanpa Batas

Bahkan, jika kita bongkar perangkat TV LED/LCD. Kita pasti akan melihat komponen kapasitor mengalami kebocoran, atau bahkan melembung. Masalah ini pun umum terjadi pada kerusakan TV LED/LCD.

Layar Televisi Mengeluarkan Gambar dan Tidak Ada Suara

Kerusakan lain yang sering terjadi pada televisi LED/LCD adalah kendala pada gambar yang muncul tapi tidak mengeluarkan suara. kerusakan ini terjadi pada Amplifier. TV LED/LCD yang bisa mengeluarkan gambar tanpa suara sebenarnya lebih sering disebabkan karena adanya kendala pada memori yang eror. oleh karena itu, kerusakan ini pun seringkali kita jumpai pada TV LED/LCD.

Ada Suara Tetapi Tidak Ada Gambar

Selanjutnya, kerusakan yang sering terjadi karena adanya masalah pada bagian pencahayaan TV LED/LCD. Seperti adanya komponen elektronik yang terputus atau ada komponen yang memang harus waktunya diganti.

Pada dasarnya, TV LED/LCD bergantung pada lampu LED untuk menerangi gambar pada layar televisi. Oleh sebab itu, pada saat menyalakan televisi hanya mengeluarkan suara tetapi tidak ada gambarnya, besar kemungkinan indikator lampu LED mengalami kerusakan.

Remote TV Tidak Berfungsi

Ada lagi kerusakan yang sering bisa terjadi pada TV LED yang Anda miliki di rumah adalah remote TV. Pada masalah ini remote TV tidak dapat digunakan atau tidak berfungsi sama sekali.  Kerusakan ini pun dikarenakan karena ada hubungan  pendek pada remote TV. Bahkan, bisa saja sensor remote yang mengalami kerusakan atau tidak berfungsi saat kita menekan tombol remote televisi tersebut.

Baca Juga :   Kelebihan dan Kekurangan ChatGPT

Layar TV LED/LCD Bergaris

Masalah lain yang sering terjadi adalah terletak pada layar TV yg bergaris. Penyebabnya adalah kekuatan sinyal rendah di kabel dekoder yang tersambung ke TV LED tidak stabil. Kerusakan ini pun mungkin tidak akan muncul jika kamu mencolokkan dekoder itu ke televisi lama.

Alasannya, karena TV lama/ TV analog membutuhkan kekuatan input yang lebih rendah untuk bekerja. Lebih lanjut televisi lama bisa beralih ke set-top box HD yg kemungkinan besar akan memperbaiki masalah tersebut.

Itulah beberapa ulasan tentang kerusakan yang sering terjadi pada TV LED atau LCD. Jika memang terdapat kasus kerusakan sebaiknya segera diperbaiki sehingga TV akan tetap bisa digunakan dengan lancar.

aca Juga :

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *