7 Peluang Kerja Penulis, Supaya Hobi Menulismu Menghasilkan Cuan

Peluang Kerja Penulis
Sumber : listozobs.com

Peluang kerja penulis. Jika kamu memiliki hobi menulis, sebaiknya kembangkan hobimu itu supaya menghasilkan tulisan yang dapat dinikmati oleh pembaca. Selain itu jika kamu mau menekuini dengan serius kamu juga bisa menghasilkan uang dari menulis. Tentu beda ketika menulis untuk sekedar hobi dengan menulis sebagai pekerjaan.

Sebagai penulis profesional kamu tidak bisa menulis sembarangan dan hanya sesuai dengan seleramu, akan tetapi kamu harus menulis sesuai dengan permintaan klien. Tapi jangan khawatir kamu kemampuan menulis bisa dipelajari, kamu bisa melihat contoh-contoh tulisan yang bertebaran di internet. Nah jika kamu penasaran pekerjaan apa saja yang dapat menghasilkan uang untuk penulis, berikut kami akan sampaikan ulasanya.

Peluang kerja penulis

1.Content writer

Content writer atau penulis konten adalah orang yang menulis untuk kebutuhan konten blog atau website tertentu, selain kemampuan menulis, untuk bekerja dibidang ini kamu juga harus memahami tentang Search engine Optimization (SEO) dari segi konten, seperti penulisan dan peletakan keyword.

Selain itu kemampuan memahami visualisasi menjadi nilai lebih, karena tentu konten akan menjadi lebih menarik jika kamu bisa memilih gambar yang tepat. Saat ini peluang menjadi penulis konten ini sangatlah besar. Banyak sekali pemilik website atau blog yang karena alasan tertentu tidak sempat untuk menulis, kemudian mencari jasa content writer.

2. Copywriter

Copywriter merupakan orang yang menulis untuk keperluan iklan atau pemasaran. Atau dengan kata lain tulisanya bertujuan supaya orang-orang yang membaca tertarik untuk membeli produk atau menggunakan jasa yang ditawarkan. Jika kamu memiliki kemampuan untuk menawarkan sesuatu dengan bahasa yang menarik yang membuat orang akan membeli produk atau jasa menjadi copywriter ini menjadi peluang kerja penulis yang bisa kamu ambil

Peluang kerja penulis jenis ini juga cukup besar, apalagi banyak nya pelaku bisnis yang sudah mulai menggunakan digital marketing dalam menjual produk atau jasanya, hamper setiap hari selalu ada lowongan kerja untuk copywriter ini yang bisa di temukan di media sosial atau di website lowongan pekerjaan

3. Technical writer

Technical writer merupakan seorang penulis yang meringkas bahasa teknis supaya mudah dipahami oleh orang awam, seorang penulis teknis bisa menulis knowledge base, instruksi instalasi sesuatu, dokumen resmi software atau hardware dan yang lainya. Karena perannya yang sangat penting inilah profesi ini saat ini banyak dicari.
Kamu bisa memilih untuk menjadi penulis lepas atau mendaftar ke perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan sebagai pegawai tetap. Pekerjaan ini sangat menguntungkan karena untuk saat ini persainganya belum begitu ketat

4. UX Writer

UX merupakan salah satu pekerjaan yang naik daun di era digital ini, hal ini dikarenakan kehadiranya yang sangat penting dalam keberlangsungan bisnis terutama bagi start up. UX writer merupakan orang yang bertugas membuat copy untuk sebuah aplikasi, situs web, dan produk digital lainya.

Orang yang bekerja di bidang ini bertugas untuk menemukan kata-kata terbaik untuk ditempatkan pada menu, tombol, label, hingga chatbot supaya membantu pengguna untuk menavigasi produk dengan mudah.
Untuk kamu yang belum tahu “kata-kata” singkat yang bertugas untuk memudahkan pengalaman pengguna adakah microcopy dan UX writer yang sudah ahli harus mampu untuk membuat microscopy yang intuitif sesuai dengan brand voice produk.

5. Jurnalis

Jurnalis adalah orang yang mengumpulkan serta menulis pemberitaan baik di media massa cetak maupun elektronik, kegiatan jurnalistik ini meliputi proses pencarian, pengumpulan penulisan dan peliputan berita.
Seorang jurnalis memiliki tanggung jawab yang besar untuk mengemas sebuah kejadian menjadi berita yang valid dan objektif untuk menjadi jurnalis kamu harus memiliki beberapa skill supaya menghasilkan tulisan berita yang berkualitas, diantara skill yang harus dikuasai adalah ; keterampilan menulis, berpikir kritis, melakukan riset dan investigasi, beretika dan memiliki pengetahuan standar mengenai topic yang akan diberitakan.

6. Editor

Buku yang sukses dipasaran tidak bisa terlepas dari sentuhan editor atau penyunting, editor yang handal bisa melahirkan buku-buku keren yang melejitkan nama penulisnya. Orang yang bekerja dibidang ini memiliki tanggung jawab terhadap keseluruhan fungsi penyuntingan suatu naskah di perusahaan penerbitan maupun media
Tugasnya adalah untuk mencari, memperbaiki dan menerbitkan naskah tulisan sekaligus gambar pendukungnya, tidak heran jika kreatifitasnya sangat diperlukan untuk memastikan bahwa membaca dapat menikmati Tulisan tersebut.

7. Penerjemah

Jika kamu memiliki kemampuan untuk menulis, dan menguasai lebih dari satu bahasa menjadi penerjemah adalah profesi yang bisa kamu pilih. Profesi ini cukup menjanjikan dan selalu dibutuhkan. digitalisasi industri yang lebih mudah untuk menembus kancah internasional membuat para pelaku bisnis mengembangkan sayapnya keluar negeri.

Dan disinilah peluang besar yang bisa kamu ambil, karena untuk mencapai tujuan tersebut tentu mereka membutuhkan penerjemahan dokumen bahasa internasional. Penerjemah adalah profesi yang bertugas untuk mengubah kata dari satu bahasa ke bahasa yang lainya.

Dalam pekerjaannya seorang penerjemah harus memahami konteks dari yang akan diterjemahkan cara memahaminya bisa dengan melakukan riset di internet, buku tata bahasa, ensiklopedia atau menggunakan penunjang yang lainya. Karena menerjemahkan tidak sesimple memahami artinya saja, akan tetapi seorang penerjemah harus mampu memahami maksud dan tujuan dari bahasa asal untuk diterjemahkan ke bahasa terjemahan dengan pilihan kata yang tepat supaya pesan yang disampaikan tidak merubah maksud dan tujuan.

Demikianlah ulasan kami tentang peluang kerja penulis yang bisa kamu jadikan referensi jika kamu tertarik di dunia kepenulisan, tidak membuat karya yang dapat dinikmati oleh pembaca, tapi kamu juga menghasilkan uang dari penulis

Baca Juga :

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini