Bagaimana cara menjadi penulis di Wattpad? Hingga hari ini, sudah banyak sekali novel dari platform tersebut yang sukses dan bahkan ditayangkan di layar lebar. Contohnya saja novel berjudul ‘Dear Nathan’ karangan Erisca Febriani.

Dibintangi Jefri Nichole yang berpasangan dengan Amanda Rawles, film Dear Nathan sukses ditonton oleh 747.811 orang. Angka tersebut bahkan menyaingi film-film lain yang ditulis oleh penulis yang sudah lebih dulu punya nama.

Begitu juga dengan ‘KKN di Desa Penari.’ Kisah horor ini bahkan sempat sangat viral sebelum akhirnya sukses besar di layar lebar.

Masih Bingung dengan Cara Menjadi Penulis di Wattpad?

Kesuksesan beberapa penulis Wattpad mau tak mau membuat banyak orang tertarik dengan platform ini. Apalagi, Wattpad termasuk salah satu pionir aplikasi novel online yang mempertemukan penulis dan pembaca secara digital.

Namun demikian, bagi beberapa kalangan, membuat tulisan di aplikasi ini jelas menjadi tantangan tersendiri. Tak sedikit penulis yang merasa kesulitan menulis di Wattpad sehingga akhirnya menyerah dan memilih mengirimkan karya ke penerbit konvensional.

7 Langkah Cara Menjadi Penulis di Wattpad

Secara umum, ternyata tidak sulit lho menjadi penulis di platform ini. Silahkan ikuti langkah-langkah berikut.

  1. Download dan install dulu aplikasi Wattpad dari Google Play Store. Ingat, jangan download di sembarang website karena bisa jadi aplikasi tersebut sudah disusupi virus dan malware.
  2. Buka aplikasi Wattpad yang telah terinstal.
  3. Isi data-data yang diminta dan klik daftar.
  4. Setelah itu, lengkapi profil Anda selengkap-lengkapnya.
  5. Luangkan dulu beberapa jam untuk membaca dan melihat-lihat apa yang ada di aplikasi itu. Jadi Anda memiliki gambaran tentang apa yang harus dilakukan.
  6. Bila sudah mulai familiar, mulailah menulis. Klik ikon menulis di bagian tengah. Unggah tulisan yang Anda buat.
  7. Gunakan berbagai alat pengeditan yang tersedia supaya tulisan rapi dan enak dibaca.
  8. Klik publikasi. Voila, Anda sudah sukses mengunggah cerita di platform online ini.

Di luar langkah-langkah teknis cara menjadi penulis di Wattpad tersebut, pastikan novel Anda memiliki daya jual tersendiri. Misalnya, dengan memastikan bahwa cerita yang Anda angkat unik, atau dengan menggunakan tokoh yang sifatnya tak biasa.

Namun, pastikan juga bahwa karya Anda tidak terlalu menyimpang dari selera pembaca. Dengan demikian, karya Anda tetap akan disukai tanpa menimbulkan kontroversi.

Platform Novel Online Bukan Cuma Wattpad, lho!

Hingga hari ini, sudah sangat banyak penulis yang mendaftar di Wattpad. Di seluruh dunia, terhitung ada 300.000 penulis Wattpad yang menggoreskan karyanya dalam berbagai bahasa.

Bisa dibilang, persaingan yang ada sudah terlalu tinggi. Hal ini, sedikit banyak tentu akan menyulitkan para penulis yang benar-benar baru. Mereka yang tak memiliki pengikut media sosial yang banyak, akan kesulitan mendapatkan jumlah tayangan dan dukungan naik.

Solusinya? Cobalah menulis di platform lain. Selain Wattpad, tak sedikit platform online yang memiliki masa depan menjanjikan. Misalnya saja literasiin.com. Didukung oleh tim yang profesional di bidangnya masing-masing, platform ini bisa menjadi pilihan terbaik untuk para penulis.

Apalagi, selain bisa mengunggah karya, Literasiin juga menyediakan jasa editor naskah premium dengan kualitas tinggi. Namun yang paling utama, Literasiin merupakan platform masa depan yang masih cukup baru. Bergabung sebagai anggota di platform seperti ini jelas akan sangat menguntungkan.

Anda akan menerima beragam benefit mulai dari jumlah tayangan yang lebih tinggi dan aneka penawaran lainnya. Jadi, bagaimana? Masih mau berbingung ria dengan cara menjadi penulis di Wattpad atau mau coba platform lain yang kompetisinya masih sehat?

Baca Juga :

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *