Pada konferensi pers pihak Google telah resmi memperkenalkan Android 13 pada pengembang Google I/O. Kabarnya, raksasa internet tersebut sudah mengumumkan daftar smartphone yang bisa merasakan Android 13 dalam versi beta. Lalu apa saja fakta dibalik Android 13?

Sejak 24 April 2022 lalu, publik pun sudah merasakan kehadiran Google I/O tersebut. Bahkan daftar produsen smartphone yang sudah mencoba Android 13 versi beta semakin bertambah. Misalnya Xiaomi, Oppo, Asus, OnePlus, Realme, termasuk Vivo kini juga dapat merasakan pengalaman Android versi terbaru meskipun masih dalam tahap beta.

Saat diumumkan secara resmi, pihak Google sendiri menyebutkan bahwa Android 13 hadir dengan sejumlah peningkatan fitur, yaitu tampilan. Berikut ini adalah fakta di balik peluncuran Android 13!

Pengaturan Privasi dan Keamanan

Saat ini pihak Google memungkinkan pengguna Android 13 untuk mengatur bahasa yang digunakan di masing-masing aplikasi. Misalnya saja, seperti aplikasi perbankan, pengguna pun bisa memakai bahasa Indonesia, akan tetapi pada aplikasi chatting harus menggunakan bahasa Inggris.

Versi Android 13 ini sendiri memiliki fitur terbaru untuk menghapus secara otomatis riwayat clipboard yang ada di perangkat dalam kurun waktu tertentu. Google juga akan menampilkan pengaturan laman yang berisi informasi keamanan perangkat.

Baca Juga :   Membangun Bisnis Tanpa Batas: Memanfaatkan Keunggulan API Gratis di APILOGY

Kustomisasi Lebih Dalam

Pihak Google sendiri telah mengadopsi desain Material You dan desain tersebut tetap dilanjutkan ke Android 13. Namun, dalam versi terbaru ini, kustomisasi bisa dilakukan lebih mendalam lagi. Bahkan, memiliki banyak tema dari yang sebelumnya memiliki tema terbatas. Google pun menambahkan desain Material You, fungsinya adalah saat pengguna memutar musik. Untuk tema akan mengadopsi warna sampul album musik yang diputar.

Dukungan Layar Besar Lebih Baik

Smartphone yang didukung Android 13 akan memiliki pengalaman penggunaan yang lebih baik lagi pada perangkat Android berlayar besar. Misalnya saja seperti tablet atau smartphone layar lipat, karena melanjutkan performa Android 12L yang sudah diperkenalkan pada Maret 2022.

Pada Android 13 sendiri akan melakukan peningkatan  optimisasi pada 20 aplikasi Google, terutama YouTube Music, Google Maps, dan Google Messages  pada saat digunakan di perangkat layar besar dan juga dukungan fitur split screen.

Lebih Cepat Terhubung dengan Perangkat Lain

Dalam wacana yang disampaikan oleh pihak Google, Android dengan versi terbaru ini akan bekerja lebih baik dan cepat dengan perangkat pintar lainnya. Android 13 juga akan mendukung fast pairing agar mudah terhubung dengan perangkat lain,seperti TV, speaker, termasuk juga laptop.

Bahkan, pengguna juga bisa berpindah dengan cepat antar perangkat lain, termasuk juga fitur copy-paste ke perangkat lainya. Sebab, fitur ini juga bisa menyiarkan pesan dan aplikasi lain dari smartphone ke komputer.

Baca Juga :   5 Keuntungan Menggunakan Teknologi VAR Dalam Sepak Bola

Android 13 Memberi Fitur Peringatan Gempa Bumi

Fitur terbaru dari Android 13 ini bisa memberi peringatan jika akan terjadi gempa bumi. Fungsi peringatan yang dikembangkan built-in di Android 13 memiliki dua bagian utama. Pada bagian pertama sendiri ponsel akan menggunakan akselerometer dengan mendeteksi perubahan yang relevan untuk menentukan terjadinya gempa bumi. Ponsel juga akan memberikan sinyal pendeteksi gempa bumi pada google beserta lokasinya.

Bagian kedua, server akan mengkombinasi beberapa informasi untuk memastikan apakah gempa bumi benar-benar terjadi. Lalu, sistem akan mulai mencari titik lokasi terjadinya gempa bumi dan seberapa besar skala gempa bumi tersebut.

Itulah 5 fakta dibalik Android 13, Anda penasaran? Ikuti informasinya terus agar Anda tidak ketinggalan berita.

Baca Juga :

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *