Bagi sebuah perusahaan yang sedang menjalankan bisnis maupun usaha-usaha lainnya, peran seorang digital marketer sendiri sangatlah penting. Sebab, tugas digital marketer erat kaitannya dengan hal penjualan. Peran teknologi digital dalam dunia pemasaran diyakini dapat lebih menjangkau konsumen agar nantinya maksimal dan menyeluruh sampai ke lapisan masyarakat pada umumnya.

Maka, seorang digital marketer yang memiliki kemampuan untuk memahami semua media digital sangatlah dibutuhkan oleh sebuah perusahaan. Media sosial sendiri sangat penting dalam segala macam aktivitas marketing yang dilakukan.

Terlebih persaingan bisnis kian besar, jika sebuah perusahaan besar tidak memiliki seorang digital marketer maka bisa saja bisnisnya akan kalah saing dengan perusahaan lain. Berikut ini adalah beberapa tugas dari seorang digital marketer yang memiliki peran penting dalam pemasaran.

1. Mengelola Website Bisnis

Saat akan mempublikasikan sebuah konten tanpa adanya optimasi SEO, kemungkinan untuk menghasilkan  pengunjung banyak sangatlah kecil. Seorang digital marketer mempunyai  kemampuan untuk memberikan arahan supaya website bisa menjadi alat dalam marketing. Hal ini bertujuan agar mendatangkan banyak visitor. Kemudian, mengarahkan website dan landing page dari berbagai segi. Misalnya, seperti tampilan, desain, navigasi, copywriting yang nantinya

Baca Juga :   Mengenal Istilah-Istilah Dalam Digital Marketing

untuk menarik perhatian customer.

2. Menerapkan Optimasi SEO

SEO sendiri sangatlah penting dalam menjalankan sebuah web. Sebab, tanpa adanya SEO rasanya mustahil sebuah web bisa mendapatkan banyak pengunjung. Terkecuali jika sebuah perusahaan memiliki anggaran dana iklan yang cukup besar.

Oleh karena itu, seorang digital marketer dituntut  untuk menerapkan optimasi SEO pada sebuah website. Tujuannya adalah, agar website bisa tampil di halaman pencarian teratas Google, sehingga akan berpeluang besar dalam mendapatkan banyak calon customer.

3. Mengelola SEM

Selanjutnya, dengan adanya SEM tentu saja bisa mengelola iklan di Google Ads search network. Tugas lain dari seorang digital marketer adalah mengelola SEM (Search Engine Marketing). Bahkan, SEM adalah cara yang lebih mudah agar bisa tampil di halaman teratas google supaya lebih mudah untuk mendapatkan calon customer secara cepat. Kabarnya SEM harus membayar ke pihak google ads dengan biaya yang bervariasi. Tentu saja, biaya tersebut ada yang murah ada pula yang mahal tergantung tingkat kompetisi sendiri.

4. Membantu Mengelola SMM

Dalam digital marketing kemampuan untuk mengelola iklan di sosial media sangatlah penting. Seorang digital marketer dituntut untuk bisa mengelola Facebook Ads, Instagram Ads dan Tiktok Ads.

Dalam media sosial, yang memposting feed Instagram terkadang bukanlah  seorang digital marketer,  melainkan seorang admin sosmed. Akan tetapi, tidak ada salahnya  jika seorang digital marketer juga membantu memposting sebuah feed di Instagram.

Baca Juga :   Tips Membangun Jaringan dalam Dunia UMKM

Dengan strategi menggunakan media sosial, tujuannya pun untuk membangun sebuah produk atau brand. Sehingga nantinya akan mendapatkan traffic dan customer dengan menggunakan media sosial.

5. Mengelola Display Advertiser

Berikutnya tugas seorang digital marketer adalah mengelola Display Advertiser. Seperti display banner iklan di website. Tujuan display sendiri adalah untuk menarik perhatian dan minat kepada audiens terhadap brand bisnis perusahaan yang kamu miliki. Hal ini tentu saja bisa menjadi media iklan untuk mendapatkan customer. Bahkan, iklan display akan selalu menjadi andalan sebuah perusahaan besar untuk membangun sebuah citra brand perusahaan tersebut.

Itulah adi beberapa tugas digital marketer yang memiliki peran sangat penting dalam mengelola sebuah bisnis. Saat ini profesi tersebut banyak sekali dicari perusahaan-perusahaan besar karena dianggap mampu menghandle pemasaran dengan baik.

 

Baca Juga :

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *