Pada tahun 2019 yang lalu, seorang digital marketer sudah mendapatkan gaji sekitar 4,5 juta. Bahkan, gaji itu hanya untuk sebatas kemampuan seorang SEO dan SEM. Sedangkan pada tahun 2022 lalu, gaji digital marketer mencapai 5-8 juta. Dengan syarat memiliki pengalaman minimal 1-2 tahun mengelola Google Ads, dan Sosial Media Marketing.

Untuk seorang digital marketer yang sudah senior bahkan bisa mendapatkan gaji 7-10 juta. Akan tetapi standar gaji ini biasanya mengikuti wilayah dengan ketetapan UMK diatas 4 juta. Sementara itu ada juga yang gajinya mengikuti ketetapan UMK daerah masing-masing. Dari beberapa informasi tersebut, dapat kita tarik kesimpulan bahwasannya gaji seorang digital marketer minimal adalah UMK masing-masing, bahkan bisa lebih.

Oleh karena itu seorang digital marketer diharuskan untuk memiliki skill yang mumpuni. Jika Anda salah satu yang berminat menjadi seorang digital marketer Anda harus mampu mengelola beberapa spesifikasi berikut ini. penasaran? Simak ulasan berikut!

Skill yang dibutuhkan digital marketer

1. SEO atau Search Engine Optimization

Seorang digital marketer harus memiliki kemampuan untuk mengoptimasi website dengan berbagai banyak kata kunci agar bisa muncul dalam pencarian Google. Makin bagus pekerjaan Anda, biasanya pun akan berbanding lurus dengan gaji yang bisa didapatkan. Anda bisa saja mendapatkan bonus jika memang pekerjaan Anda manapun mendongkrak penjualan perusahaan.

Baca Juga :   Memahami Eksistensi Marketing Digital di New York: Strategi, Tren, dan Keberhasilan Kampanye

2. SEM atau Search Engine Optimization

Selanjutnya adalah dengan memiliki kemampuan untuk mengelola iklan pada Google Search. Hal tersebut berfungsi agar bisa mempromosikan sebuah produk atau jasa di website. Tujuannya untuk mendapatkan keuntungan penjualan dan juga menarik minat pengunjung. Mau tak mau dengan gaji yang cukup besar seorang digital marketer memiliki tanggungjawab untuk mendatangkan trafic dan penjualan.

3. Google Ads

Selanjutnya kemampuan dalam pengelolaan SEM. Misalnya saja seperti, Iklan Display Google, Display Network, bahkan juga Youtube Ads sendiri. Bagi yang berminat menjadi digital marketer diwajibkan untuk membuat iklan dengan tampilan menarik.

4. SMM

Kemampuan yang harus dimiliki selanjutnya adalah mempromosikan iklan baik di Facebook, Instagram dan juga TikTok.

5. Konten Marketing

Bagi seorang konten kreator marketing adalah kemampuan untuk menggabungkan antara text, kemudian menggabungkan sebuah gambar atau video agar bisa menjadi sebuah media pemasaran yang bagus dan menarik.

Catatan Penting Digital Marketer

Digital Marketer Tidak Membuat Konten Poster Maupun Video

Di beberapa perusahaan, konten biasanya dibuat oleh tim kreatif. Sedangkan untuk tim digital marketing cukup memberikan masukan dan diskusi konten apa yang tepat untuk digunakan iklan tersebut.

Digital marketer tidak diwajibkan membuat konten video maupun poster. Karena, dua jenis pekerjaan ini sangat berbeda dasar kemampuannya, meskipun masih tergolong dalam satu divisi.

Baca Juga :   11 Plugin WordPress Terbaik untuk Meningkatkan Penjualan Bisnis Online Anda!

Digital Marketing Staff atau Specialist

Dalam sebuah perusahaan pasti ada seorang spesialis yang masuk dalam satu divisi. Misalnya, seperti SEO, SEM, dan SMM spesialis. Mereka tersebut masuk dalam kategori staff karena memiliki pengalaman hanya 1-2 tahun saja.

Digital Marketer Spesialis bisa Mendapatkan Konversi

Bagi seorang digital marketer membutuhkan pengalaman dan pemahaman yang tinggi. Pasalnya, hampir semua perusahaan punya tujuan mengiklankan produk. Karena hal ini untuk mendapatkan penjualan, mendapatkan pendaftar, atau mendapatkan konsumen. Maka dari itu, memiliki kemampuan menghasilkan konversi inilah yang wajib dimiliki seorang digital marketer.

Digital marketer saat ini sangat diperhitungkan dalam sebuah perusahaan. Hal ini seiring dengan perkembangan teknologi dan informasi yang makin pesat sehingga perlu ada digital marketer yang mengerti bagaimana cara mendongkrak penjualan di era ini. Wajar saja jika gaji digital marketer cukup besar karena tanggungjawabnya pun juga besar.

Baca Juga :

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *