Pernahkah Anda memulai situs web atau blog untuk menghasilkan uang atau hanya untuk menyalurkan hobi menulis Anda? Anda tentu pernah mendengar istilah hosting sebelumnya. Lalu apa hubungan antara website dan hosting? Mengapa Anda membutuhkan domain di situs web?

Di bidang bisnis, perusahaan biasanya menggunakan paket hosting untuk mengelola situs web dengan benar. Tujuannya agar mudah dikenali dan diingat oleh pengguna internet.

Apa itu Hosting?

Pengertian Hosting adalah layanan penyimpanan dan sumber daya komputer yang diberikan kepada individu atau organisasi untuk memenuhi kebutuhan pemeliharaan situs web dan layanan terkait. Hosting adalah tempat di mana semua file dan data disimpan untuk diakses siapa saja melalui internet.

Hosting menyediakan fasilitas berupa perkembangan dan pertumbuhan internet. Hosting disediakan oleh penyedia layanan untuk membuat infrastruktur komputasi back-end khusus.

Dan untuk mendapatkan rekomendasi penyedia layanan hosting terbaik, anda bisa melihatnya di TeknadocNetwork.

Anda tidak dapat membuat situs web tanpa hosting. Karena itu, Anda harus terlebih dahulu menggunakan layanan hosting untuk membuat website.

Saat membangun situs web, jika Anda ingin memiliki situs web dengan kapasitas dan kinerja tinggi, Anda memerlukan hosting dengan sumber daya yang signifikan.

Manfaat Hosting

Hosting memiliki banyak kegunaan yang bisa Anda manfaatkan. Berikut adalah beberapa fitur menggunakan hosting.

1. Buat halaman situs web

Fitur hosting untuk membuat situs web dengan banyak informasi dan dokumen yang terkait dengan pengguna atau perusahaan. Menggunakan paket hosting membuat laman situs web Anda dapat dilihat oleh mesin telusur, memungkinkan pengunjung di seluruh web untuk mengaksesnya.

2. Pengembangan situs belanja dan penjualan online

Jika Anda ingin membuat website untuk toko online Anda, Anda harus menggunakan hosting agar informasi yang Anda berikan dapat ditemukan oleh mesin pencari. Mengembangkan situs web toko online memiliki potensi untuk menarik konsumen dan jangkauan yang lebih besar.

3. Buat email profesional

Kemudian hosting juga berfungsi untuk membuat email bisnis Anda dengan domain Anda sendiri. Tujuannya untuk meningkatkan kredibilitas perusahaan dan tentunya bisnis Anda akan terlihat profesional.

4. Dapat memproteksi website dengan SSL

Hosting juga memiliki fungsi untuk melindungi website dari serangan virus, atau spam. Jadi Anda bisa memasang SSL (Secure Socket Layer) agar website Anda lebih aman dan optimal.

Nah, itulah pengertian hosting dan manfaatnya untuk website. Smeoga informasi diatas dapat berguna bagi Anda yang sedang ingin membuat website sendiri.

Baca Juga :

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

  • Peran hosting sepenting itu ya, selama ini aku nggak seberapa mau tau. Pokok TLD itu beli domain, soal hosting belakangan. Aman nggak sih cuma beli domain aja tapi nggak pakai hosting